JURUSAN TEKNIK POLIJE GELAR ENGINEERING EXPO GUNA PAMERKAN PRODUK UNGGULAN KE INDUSTRI

Jurusan Teknik Politeknik Negeri Jember (Polije) menggelar Road Show dan Gelar Teknologi Unggulan Jurusan Teknik 2023 (Engineering Expo). Kegiatan yang bertemakan Teknologi Energi Bersih Menuju Agrotechnopark dan Net Zero Emission di Era Industri 5.0 tersebut digelar di Gedung Teknik Polije. Pada kegiatan Engineering Expo tahun ini terdapat beberapa acara seperti talkshow, lomba esai kategori SMA/SMK/ Aliyah, lomba esai kategori perguruan tinggi, pelatihan factory I/O, lomba membangun plan production menggunakan factory I/O, serta gelar teknologi unggulan jurusan teknik Polije.

Pada kegiatan talkshow diisi oleh narasumber yang didatangkan langsung dari industri, seperti Dimaz Rosyid Ma’ruf, S.T. dari PT. Omron Electronics, Izza Auliya Amukholidi, S.ST. dari Futura Energi Indonesia, dan Dri Wahyu Pujiarto, S.T., M.T. dari PLN Nusantara Power. Mereka dalam talkshow menyampaikan bagaimana korelasi serta kerja sama antara perguruan tinggi dengan industri. Selain itu, jurusan teknik juga memamerkan produk-produk unggulan dari mahasiswa teknik Polije.

Direktur Polije, Saiful Anwar, S.Tp, M.P., dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan dalam rangka untuk mengaktualisasikan aktivitas kegiatan jurusan teknik yang linier dengan mitra dari industri. Selain itu juga kegiatan ini merupakan bagian untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di jurusan teknik.

“Seiring dengan visi jangka panjang Polije yakni Menjadi Politeknik Unggul di Asia Tahun 2035, maka tentunya isu-isu global menjadi atensi kita semua seperti electric vehicles yang menjadi program pemerintah, oleh karena itu Polije khususnya jurusan teknik akan terus mendukung upaya program pemerintah tersebut,” tutur Direktur Polije.

Bagi Zeni Ulma, S.ST., M.Eng., selaku ketua panitia, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan potensi dari jurusan teknik Polije kepada siswa SMA, SMK maupun Aliyah. Tak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mengenalkan produk-produk unggulan dari mahasiswa serta dosen jurusan teknik.

“Untuk kegiatan pelatihan diikuti oleh siswa SMA, SMK, maupun Aliyah se-Jawa Timur, selain itu juga diikuti oleh mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi,” jelas Zeni Ulma, S.ST., M.Eng.

Diharapkan dengan kegiatan ini, jurusan teknik Polije semakin dikenal tidak hanya di Jawa Timur, namun seluruh Indonesia. Selain itu program studi yang ada di jurusan teknik juga dapat diminati oleh siswa SMA, SMK, maupun Aliyah yang ada di seluruh Indonesia. (hnf/hn)