Manajemen Informasi Kesehatan

profil

Program studi ini ditempuh selama 8 semester (4 tahun) untuk menghasilkan Sarjana Terapan bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang memiliki kompetensi unggulan berupa pemanfaatan teknologi dan informasi untuk mendukung manajemen data dan informasi kesehatan. Dalam proses belajar mengajar, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan di kelas dan laboratorium, termasuk juga menyelesaikan tugas akhir pada semester VIII. Mahasiswa juga akan melaksanakan kegiatan praktik lapang di Puskesmas dan Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta di Jawa dan Bali.

Lulusan dari program studi ini akan mendapat gelar SarjanaTerapan Kesehatan (S.Tr.Kes) yang diharapkan akan mampu menguasai keterampilan teknis dan manajerial dalam mengelola data dan informasi kesehatan, menggunakan paket aplikasi perangkat lunak, teknik bahasa pemrograman, membuat, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program aplikasi, menetapkan kode penyakit, dan menerapkan ilmu yang sudah didapat berlandaskan hukum dan etika profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan pada penyedia pelayanan kesehatan. Dengan kompetensi tersebut, lulusan berpeluang bekerja sebagai wirausahawan di bidang teknologi informasi kesehatan, sebagai karyawan di perusahaan Teknologi nformasi bidang kesehatan, sebagai tenaga perekam medis di fasilitas pelayanan kesehatan baik swasta maupun pemerintah (RumahSakit, Puskesmas, Klinik, dll),sebagai karyawan di Lembaga Jaminan Kesehatan (BPJS Kesehatan dan berbagai lembaga asuransi kesehatan swasta) dan lembaga pendidikan yang sesuai dengan bidang ilmunya.

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dan berdaya saing di bidang Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan berbasis Teknologi Informasi dalam menghasilkan SarjanaTerapan yang kompeten di Asia tahun 2035.

Misi

    1. Menyelenggarakan pendidikan terapan di bidang Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan yang inovatif dan berdaya saing.
    2. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan serta kewirausahaan untuk menghasilkan nilai tambah produk inovasi.
    3. Mengembangkan kerjasama tingkat nasional maupun internasional di bidang RekamMedis dan Manajemen Informasi Kesehatan.

Tujuan

    1. Menyelenggarakan pendidikan terapan di bidang Manajemen Informasi Kesehatan yang inovatif dan berdaya saing dengan:
      1. Peningkatan kapabilitas dosen/ tenaga pendidikan dalam bentuk pengembangan kompetensi di bidang Manajemen Informasi Kesehatan.
      2. Peningkatan kualitas pengembangan pembelajaran melalui keterlibatan praktisi rumahsakit sebagai dosen industri, penerapan inovasi pembelajaran digital dan blended learning.
      3. Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran yang sesuai dengan bidang Manajemen Informasi Kesehatan dan industri 4.0.
      4. Peningkatan kualitas pembelajaran dengan penerapan metode Project Based Learning (PBL) dan Case Study untuk membangun critical thinking mahasiswa.
    1. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Manajemen Informasi Kesehatan serta kewirausahaan untuk menghasilkan nilai tambah produk inovasi dengan:
      1. Peningkatan kapabilitas dosen/ tenaga pendidikan dalam bentuk pengembangan kompetensi di bidang Manajemen Informasi Kesehatan.
      2. Peningkatan jumlah karya publikasi di jurnal nasional dan internasional serta jumlah Haki di bidang Manajemen Informasi Kesehatan.
      3. Peningkatan jumlah produk di bidang Manajemen Informasi Kesehatan sebagai luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
      4. Peningkatan kualitas proses dan hasil kegiatan kemahasiswaan dan kewirausahaan di bidang Manajemen Informasi Kesehatan serta bidang lainnya.
    2. Membangun kerjasama tingkat nasional maupuni nternasional di bidang Manajemen Informasi Kesehatan dengan peningkatan kerjasama di bidang student exchange, join researchand publication dan stadium general.

Akreditasi

No Sertifikat LAM-PTKes
0535/LAM-PTKes/Akr/Dip/VIII/2017

Sertifikat Periode Sebelumnya

Profil Lulusan

    1. Analis Sistem Informasi Kesehatan: SarjanaTerapan di bidang RMIK sebagai PMIK Ahli dalam mengidentifikasi/menganalisis, merancang, membuat, mengembangkan dan mengevaluasi system informasi kesehatan sesuai dengan perkembangan teknologi di fasilitas pelayanan kesehatan dan perusahaan pengembang aplikasi/ perangkat lunak kesehatan.
    2. Kepala Unit/ Bagian/ Instalasi Kerja Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK): Sarjana Terapan di bidang RMIK sebagai PMIK Ahli dalam pengelolaan manajemen unit kerja rekam medis dan informasi kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan.
    3. Analis Data Kesehatan (Data Analyst): Sarjana Terapan di bidang RMIK sebagai PMIK Ahli dalam mengumpulkan, mengolah, menganalisis, memvisualisasi dan menginterpretasikan data kesehatan.
    4. Audit kodingklinis: Sarjana Terapan di bidang RMIK sebagai PMIK Ahli dalam melakukan audit klasifikasi dan kodefikasi penyakit dan tindakan berdasarkan ICD di fasilitas pelayanan kesehatan, Badan PenyelenggaraJ aminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Laboratorium

    1. Laboratorium RekamMedis Manual (Paper Based)
    2. Laboratorium Komputer
    3. Laboratorium Statistik dan Pelaporan
    4. Laboratorium Anatomi Fisiologi
    5. Laboratorium Rekam Medis Elektronik
    6. Laboratorium Koding Klinis dan Reimbursement
    7. Laboratorium Audit Dokumen Klinis

Kerjasama

rumah sakit

    1. RSUPN dr. CiptoMangunkusumo, Jakarta
    2. RS Pertamina, Jakarta
    3. RSUP Hasan Sadikin, Bandung
    4. RSUP drKariadi, Semarang
    5. RSUD Tugurejo, Semarang
    6. RSUD K.R.M.T Wongsonegoro, Semarang
    7. RSI Sultan Agung, Semarang
    8. RSUP dr Sardjito, Yogyakarta
    9. RSUD Panembahan Senopati Bantul, Yogyakarta
    10. RS PantiRapih, Yogyakarta
    11. RS Bethesda, Yogyakarta
    12. RSUP DR. Soeradji Tirtonegoro, Klaten
    13. RSUD Sleman
    14. RS Husada Utama, Surabaya
    15. RS PHC, Surabaya
    16. RSUD dr Soetomo, Surabaya
    17. RS Angkatan Lautdr Ramelan, Surabaya
    18. RS Haji, Surabaya
    19. RSUD Sidoarjo
    20. RS Semen Gresik
    21. RSUD dr Saiful Anwar, Malang
    22. RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
    23. RSUD dr. Soedarsono Kota Pasuruan
    24. Rumah Sakit Wonolangun, Probolinggo
    25. RSUD drSoebandi, Jember
    26. RSUD BalungJember
    27. RS Bina Sehat, Jember
    28. RS Citra Husada, Jember
    29. RS TK III BaladhikaHusada, Jember
    30. RSIA Srikandi IBI, Jember
    31. RS PTPN X (PERSERO), Jember
    32. RSUD dr. Haryoto, Lumajang
    33. RS Wijaya Kusuma, Lumajang
    34. Rumah Sakit Bhayangkara, Lumajang
    35. RSUD dr. Koesnadi, Bondowoso
    36. RS Bhayangkara, Bondowoso
    37. RS Al Huda, Genteng, Banyuwangi
    38. RSUP Sanglah, Denpasar, Bali
    39. RSUD Badung Mangusada, Bali

institusi pemerintah

    1. Dinas Kesehatan Kabupaten Jember
    2. Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso
    3. Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro
    4. Pemerintah Kabupaten Sleman, Yogyakarta
    5. Nota Kesepahaman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

institusi pendidikan dalam negeri

    1. Politeknik Indonusa, Surakarta
    2. Politeknik Kesehatan Kemenkes, Malang

institusi pendidikan luar negeri

    1. Queensland University of Technology, Australia (on process)
    2. UniversitiTeknologi Mara, Malaysia (on process)