PKKMB POLIJE TAHUN 2024: MEMBANGUN KARAKTER, MENGINSPIRASI PERUBAHAN

Suasana penuh semangat dan antusiasme menyelimuti lapangan hijau Politeknik Negeri Jember (Polije) pada hari ini, Minggu (11/8). Ribuan mahasiswa baru resmi memulai perjalanan akademik mereka dengan mengikuti upacara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2024-2025.

Dengan jumlah peserta mencapai 2.463 mahasiswa baru yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia, PKKMB Polije 2024 menjadi salah satu acara yang paling dinantikan di kampus ini. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Direktur Polije, Saiful Anwar, S.TP., M.P., ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada lingkungan kampus, budaya akademik, serta berbagai fasilitas yang tersedia di Polije.

“PKKMB ini merupakan momen yang sangat penting bagi mahasiswa baru. Di sini, mereka tidak hanya akan mendapatkan informasi tentang akademik, tetapi juga akan dikenalkan pada berbagai kegiatan kemahasiswaan yang dapat mengembangkan soft skills mereka,” ujar Saiful Anwar dalam sambutannya.

Direktur Polije juga berharap dengan kegiatan PKKMB ini, mahasiswa baru menjadikan Polije sebagai wadah untuk menuntut ilmu dan sarana menggapai cita-cita.

“Kami ingin mahasiswa baru dapat merajut asa dan cita-cita mereka selama kuliah di Polije. Kami yakin dengan semangat yang tinggi dan dukungan dari seluruh civitas akademika, mahasiswa baru akan mampu meraih prestasi yang membanggakan,” ungkapnya.

Direktur Polije berharap, melalui PKKMB ini, mahasiswa baru dapat menjadi generasi muda yang cerdas, kreatif, dan inovatif.

“Kami ingin mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi teknis yang kuat, tetapi juga memiliki karakter yang tangguh dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja,” ujarnya.

Upacara pembukaan PKKMB berlangsung meriah dengan berbagai rangkaian acara. Puncak acara adalah prosesi penyematan atribut PKKMB kepada perwakilan mahasiswa baru oleh Direktur Polije dan diikut oleh seluruh peserta PKKMB 2024.

Asahara Anggarani, salah satu mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Manajemen Pemasaran Internasional yang berkesempatan menerima penyematan atribut langsung dari Direktur, mengaku sangat senang dan bangga.

“Saya merasa termotivasi untuk belajar lebih giat dan aktif berorganisasi di kampus. Saya berharap bisa lulus tepat waktu dan memberikan kontribusi yang positif bagi almamater,” ujarnya.

Selama satu minggu ke depan, mahasiswa baru akan mengikuti berbagai kegiatan yang dirancang untuk membantu mereka beradaptasi dengan kehidupan kampus. Beberapa di antaranya adalah berbagai materi, wawasan kebangsaan, pengenalan organisasi mahasiswa, serta berbagai materi lainnya.

Asahara dan teman-teman seangkatannya memiliki harapan yang sama. Mereka ingin menjadi mahasiswa yang aktif, berprestasi, dan mampu membawa nama baik Polije.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan semua fasilitas dan peluang yang ada di Polije,” tegas Asahara.

PKKMB Polije 2024 menjadi awal yang baik bagi ribuan mahasiswa baru dalam mengarungi dunia perkuliahan. Dengan semangat yang tinggi dan dukungan dari seluruh civitas akademika, mereka siap untuk meraih cita-cita dan menjadi generasi penerus bangsa yang unggul. (hnf)