Home » Polije Buka Jalur Seleksi Maba SBMPN

Polije Buka Jalur Seleksi Maba SBMPN

Beri Peluang Kuliah dengan Gelar Dual Degree

Selain SNMPTN dan UTBK – SBMPTN, Politeknik Negeri Jember (Polije) juga membuka peluang pendaftaran khusus jenjang Diploma III (D-III) melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). 

Kepala Unit Humas dan Protokol Polije, Mahsus Nurmanto mengungkapkan, mulai 6 April 2022 sudah dibuka pendaftaran bagi yang memilih jalur SBMPN hingga 27 Juni 2022 mendatang. 

“Sementara untuk tes nya dilaksanakan 29-30 Juni 2022 melalui ujian tulis berbasis komputer (CBT),” ungkapnya. 

Pelaksaan tes nantinya, lanjut Mahsus, peserta dibebaskan untuk memilih lokasi dari tiga kampus yang dimiliki Polije. Diantaranya, kampus utama Politeknik Negeri Jember, kampus 3 Nganjuk, dan kampus 4 Sidoarjo. 

“Nantinya peserta bisa memilih lokasi tes dari tiga kampus milik polije. Hal tersebut diharapkan bisa memberi kemudahan bagi peserta yang lokasinya jauh dari kampus utama Jember,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, dalam pemilihannya, Polije memberikan maksimal tiga pilihan program studi dengan ketentuan dua pilihan awal hanya untuk Polije, sedangkan pilihan ke tiga boleh dimanfaatkan untuk memilih prodi-prodi di 43 politeknik se Indonesia dan boleh juga tidak digunakan. 

Tidak hanya itu, dalam jenjang D-III, Polije menawarkan program dual degree yang bekerjasama dengan perguruan tinggi dari negeri tirai bambu. 

“Program studinya adalah Manajemen Informatika yang bekerjasama dengan Changzhou Intitute of Mechatronic Technology (CIMT) China dan Teknik Komputer yang bekerjasama dengan WUXI Intitute of Technology (WUXIT) China,” terang Mahsus. 

Selain dua prodi yang menawarkan dual degree, beberapa program studi yang bisa dipilih saat SBMPN diantaranya, Produksi Tanaman Hortikultura, Produksi Tanaman Perkebunan, Keteknikan Pertanian, Teknologi Industri Pangan, Teknologi Industri Pangan (Kampus Bondowoso), Produk Ternak, Menejemen Informatika, Teknik Komputer, Menjemen Agribisnis, Manajemen Agribisnis (Kampus Bondowoso dan Nganjuk), serta Prodi Bahasa Inggris. 

Guna menunjang SBMPN, Polije juga menyediakan beasiswa KIP-Kuliah. “Polije juga menyediakan beasiswa KIP-Kuliah dengan syarat pilihan antara SBMPN dan KIP-Kuliah harus sama, yaitu ke Politeknik Negeri Jember,” beber kepala humas. 

Sebagai informasi, jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) sudah memasuki tahap pemberkasan yang dimulai 6-12 April 2022 setelah itu dilanjut dengan daftar ulang mulai 18-30 April 2022). 

“Bagi peserta yang tidak melakukan tahapan tersebut sesuai ketentuan, maka yang bersangkutan akan dikenakan UKT maksimal program studi,” pungkas Mahsus Nurmanto. (mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.