Kerjasama UPT PKKWU dan S4C

Keterangan Foto :
Kemampuan Enumerator : Penyelenggaraan pelatihan Enumerator Kerjasama UPT PKKWU dan S4C untuk Memaksimalkan Program Tracer Study

Tracer study merupakan kegiatan penting untuk mengukur serapan di dunia kerja, dunia usaha dan dunia industri dari proses pembelajaran. Kesuksesan program Tracer Study sangat ditunjang oleh keberadaan system informasi, kemampuan SDM pengelola serta kepedulian alumni dalam menginformasikan ragam aktifitas yang dijalani saat ini.

Kemampuan sebagai Enumerator bagi tim pelaksana Bidang Pengembangan Karir atau CDC (Career Development Center), juga merupakan sesuatu harus dimiliki agar mampu menghasilkan data Tracer Study dapat dipertanggung jawabkan. Enumerator adalah orang yang ditugaskan untuk mengumpulkan, mengirim data ke alamat alumni dan melaporkan kembali hasil penerimaan data dari alumni kepada ketua tim tracer study.

Demikian disampaikan oleh Dr. Dhanang Eka Putra, SP, M.Sc Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan dalam pengantar pelatihan peningkatan kapasitas staf CDC sebagai Enumerator Jum’at (19/2). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana lantai 3 tersebut bekerjasama antara UPT PKKWU dan S4C (Skills for Competitiveness) Swiss Contact. “Pelatihan ini sangat penting dan strategis, karena program Tracer Study salah satu UPT PKKWU. Dengan Pelatihan ini saya berharap dapat memaksimalkan program Tracer Study”, terangnya.

Dr. Niken Widya Palupi, SP. M.Si Senior Project Officer of S4C menandaskan bahwa  Polije harus memiliki enumerator yang profesional. Pelatihan enumerator tidak hanya diperuntukan kepada mereka yang belum pernah melakukan kegiatan pencacahan, melainkan juga bagi mereka yang telah memiliki pengalaman melakukan kegiatan pencacahan. Bagi mereka yang belum pernah melakukan kegiatan pencacahan atau menjadi seorang enumerator, akan diberikan pemahaman mengenai teknik bertanya dan teknik mendengar yang baik serta teknik mencatat yang rapi. “Secara ringkasnya kemampuan enumerator adalah teknik bertanya, teknik mendengar yang baik serta teknik mencatat yang rapi dalam teknik pencacahan”, imbuhnya.

Materi pelatihan terdiri dari simulasi pengolahan data dan uji validitas & reliabilitas data, yang disampaikan oleh Tim CBC (Career and Business Coach) Universitas Gajah Mada. Diharapkan peserta pelatihan nantinya mampu menyajikan data bagi internal maupun eksternal. Pelatihan ini juga memberikan informasi mengenai substansi dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada kuesioner. Sementara, untuk mereka yang pernah menjadi seorang enumerator, pelatihan ini mengarah kepada substansi dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada kuesioner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.