Home » LAGI, POLIJE TERIMA KUNJUNGAN MAHASISWA KOREA PROGRAM SUMMER ICT VOULENTEER

LAGI, POLIJE TERIMA KUNJUNGAN MAHASISWA KOREA PROGRAM SUMMER ICT VOULENTEER

Politeknik Negeri Jember (Polije) untuk yang kedua kalinya Senin (15/8) kembali menerima kunjungan kerja sama dari 26 mahasiswa dan Profesor pendamping dari Kyungpook National University (KNU) Korea Selatan dalam program 2022 World Friends Korea ICT Volunteer. Gelaran penyambutan kadatangan yang dilaksanakan di Auditorium Vokasi Polije tersebut diikuti oleh Direktur, para Wakil Direktur, para Ketua Jurusan beserta tim panitia serta perwakilan mahasiswa khusus dari Jurusan Teknologi Informasi Polije.

 

Direktur Polije, Saiful Anwar, S.TP, MP mengatakan bahwa kerjasama yang sudah di jalin dengan pihak KNU Korea Selatan cukup mesra dan intensif. Terbukti dengan adanya program Kerjasama yang merupakan kedua kalinya, yang pertama pada tahun 2019 dan karena situasi pandemi Covid-19 melanda dunia, maka baru pada tahun 2022 ini dilaksanakan lagi dengan tema : 2022 World Friends Korea ICT Volunteer, dan program ini akan dilangsungkan selama kurang lebih dua minggu ke depan. “Program ini berlangsung mulai 10 Agustus sampai 26 Agustus. Banyak hal yang bisa kita pelajari masing-masing baik itu dari Polije ataupun dari KNU,” ujarnya usai ceremonial. 

Lebih lanjut, Saiful Anwar juga membeberkan beberapa hal yang nantinya akan dipelajari bersama dalam kegiatan tersebut. “Nantinya akan bersama-sama mempelajari terkait dengan kompetensi teknis di bidang teknologi informasi, selain itu tentunya, masing-masing dari Polije maupun mahasiswa KNU juga banyak belajar terkait dengan budaya, makanan tradisional, termasuk potensi daerah di Kabupaten Jember yang paling penting untuk di expose ke kancah internasional,” tandasnya. 

Sementara itu, Professor Wonil Chung yang merupakan dosen pendamping memberikan apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada Polije. Menurutnya, dengan menjalin kerjasama dengan Polije ia bisa mengenalkan kultur dan budaya asia khususnya Indonesia kepada mahasiswanya. 

“Salah satu tujuan program ini untuk menjalin hubungan baik antar bangsa baik melalui Bahasa maupun budaya, terutama budaya Indonesia, oleh karena itu kami menjalin hubungan dengan Polije. Kami merasa semua sangat menyenangkan,” ungkapnya. 

Disisi lain, Hyungkwon Lee, salah satu mahasiswa KNU yang mengikuti program 2022 World Friends Korea ICT Volunteer mengaku tertarik dengan program tersebut dan akhirnya mendaftar menjadi bagian dari program ini.. 

“Kita akan membangun persahabatan dengan Polije, kita akan tunjukan apa yang kita punya, budaya Korea, permainan tradisional Korea, dan belajar komputer. Kami semua akan bertanggung jawab dengan hal itu,” akunya saat ditemui awak media. 

Ia juga mengaku senang bisa berada di Polije. “Polije membuat saya terkesan karena semua orangnya ramah dan murah senyum,” pungkasnya ramah. 

Usai ceremonial, agenda dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa Teaching Factory serta orientasi dengan pemangku kepentingan di Jurusan Teknologi Informasi yang berkaitan dengan rencana proyek bersama antara mahasiswa KNU dan mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi.

Selama di Jember, mahasiswa KNU Korea juga akan tampil di even Korean Week di salah satu pusat perbelanjaan di Jember, mengunjungi beberapa obyek wisata alam dan wisata kuliner serta unjuk budaya di SMAN 1 Jember. (mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.